Kamis, 24 Oktober 2019

Mahkamah Agung Republik Indonesia

PENGADILAN NEGERI SIMALUNGUN

Jl. Asahan KM. 4 Pematangsiantar Telp. (0622) 7550426 Fax. (0622) 7550426 Email. info@pn-simalungun.go.id



Logo Artikel

E-COURT


E-COURT

Diterbitkan: Rabu, 10 Juli 2019 09:31

E-COURT MEWUJUDKAN PERADILAN YANG AGUNG

 

Tahukah anda apa itu E-Court dan apa manfaatnya….?

 E-court adalah layanan pendaftaran perkara, pembayaran dan pemanggilan secara online di lingkungan peradilan di bawah Mahkamah Agung (peradilan umum, peradilan tata usaha negara, peradilan agama, dan peradilan militer). E-court merupakan perwujudan dari implementasi Peraturan Mahkamah Agung Nomor 03 tahun 2018 yaitu Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik.

Dengan adanya terobosan ini, Mahkamah Agung telah menjawab harapan dan cita-cita para pencari keadilan yaitu peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan, maklum selama ini masyarakat banyak mengeluh karena proses berperkara di pengadilan sangat lama, mahal, dan terkesan bertele-tele. Pendaftaran e-court sangat mudah dan tidak rumit. Dengan demikian maka akan terwujudnya Badan Peradilan yang Agung, yang merupakan Visi dari Mahkamah Agung.

Untuk mendaftar perkara secara elektronik Advokat harus membuat account / user pada aplikasi e-court dengan domisili elektronik yang sudah tervalidasi oleh Pengadilan Tinggi di mana dia disumpah dengan melengkapi data Advokat seperti KTP, Kartu Tanda Anggota Advokat, dan Berita Acara sumpah yang harus diunggah ke dalam aplikasi e-court.

Aplikasi e-court dapat diakses dari mana saja dan dengan waktu tertentu, oleh siapa saja (selama memiliki account/user) dengan bermodal koneksi internet dan perangkat yang memiliki web browser. Aplikasi ini bertujuan dalam rangka menyesuaikan tuntutan dan perkembangan teknologi dan informasi. Tiga aplikasi yang terdapat dalam system e-court tersebut, yaitu pendaftaran perkara (e-filing), pembayaran panjar uang perkara (e-payment) dan penyampaian pemberitahuan dan pemanggilan persidangan secara elektronik (e-summons).

advokat yang sudah terdaftar, dapat melakukan pendaftaran gugatan/permohonan secara elektronik tanpa harus datang ke pengadilan, memilih pengadilan yang berwenang, mendaftarkan surat kuasa khusus, membayar PNBP surat kuasa, menginput para pihak, mengunggah dokumen gugatan/permohonan dapat dilakukan secara elektronik.E-court dapat digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen persidangan seperti Replik, Duplik, Kesimpulan dan atau Jawaban yang dikirim secara elektronik sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. 

Dimana penggugat/pemohon nanti akan memperoleh taksiran panjar biaya perkara (e-SKUM) yang disertai kode akun virtual saluran pembayaran elektronik, lalu melakukan pembayaran, dan setelah mendapat konfirmasi maka akan mendapatkan nomor perkara setelah diregister dalam sistem informasi penelusuran perkara (SIPP).

Mahkamah Agung RI bekerja sama dengan Bank Pemerintah dalam hal manajemen Pembayaran Biaya Panjar Perkara. Dalam Hal ini Bank yang telah bekerjasama menyediakan Virtual Account (Nomor Pembayaran) sebagai sarana pembayaran kepada Pengadilan tempat mendaftar perkara :

  • Bank BNI
  • Bank BNI Syariah
  • Bank Mandiri
  • Bank Mandiri Syariah
  • Bank BTN
  • Bank BRI 
  • Bank BRI Syariah   

Panggilan sidang (e-summons) pun sudah tidak perlu lagi melalui pos atau juru sita, penggugat akan dipanggil secara elektronik (e-mail), untuk tergugat/termohon untuk pertama kali dipanggil secara manual, lalu untuk proses sidang selanjutnya dapat dilakukan secara elektronik asal disetujui kedua belah pihak. Aplikasi ini juga digunakan untuk memberitahu putusan secara elektronik.

Sistem Informasi Penelusuran Perkara

SIPPAplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Dokumen Putusan di Direktori Putusan Mahkamah Agung

DirPutPencarian cepat Dokumen Putusan di Database Direktori Putusan Mahkamah Agung Agung Republik Indonesia

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

DJIHPencarian cepat peraturan dan kebijakan dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

Pelayanan Prima, Putusan Berkualitas