HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Sejarah Pengadilan Negeri

Sejarah Pengadilan

Di halaman ini dijelaskan mengenai sejarah Pengadilan Negeri Simalungun                                                                                                                    

Sejarah Singkat Pengadilan Negeri Simalunun.

 

PN Simalungun diresmikan pada 2 Oktober 1982 oleh Direktur Jenderal Pembinaan Badan Peradilan Umum Bapak H.Roesli, SH. Ketua Pertama sejak diresmikan adalah Bapak Parluhutan Siregar, SH.

Pengadilan Negeri Simalungun merupakan pemekaran dari Pengadilan Negeri Pematang Siantar. Setelah PN Simalungun menjadi Kelas IB, maka Seluruh Wilayah Kabupaten Simalungun menjadi Wilayah Hukumnya, dimana sejak Kelas II Wilayah Hukumnya hanya Simalungun Bawah sedangkan Simalungun atas Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Pematang Siantar. Pengadilan Negeri Simalungun Kelas I B memiliki wilayah hukum yang terdiri dari 32 kecamatan, yaitu:

Bandar

 

Jorlan Hataran

Bandar Huluan

 

Panei

Bandar Masilam

 

Panombeian Panei

Bosar Maligas

 

Pematang Bandar

Dolok Masagal

 

Pematang Sidamanik

Dolok Batunanggar

 

Pematang Silima Huta

Dolok Panribuan

 

Purba

Dolok Pardamean

 

Raya

Dolok Silau

 

Raya Kahean

Girsang Sipangan Bolon

 

Siantar

Gunung Malela

 

Sidamanik

Gunung Maligas

 

Silau Kahean

Haranggaol Horison

 

Silimakuta

Hatonduhan

 

Tanah Jawa

Huta Bayu Raja

 

Tapian Dolok

Jawa Maraja Bah Jambi

 

Ujung Padang

Pengadilan  Negeri  Simalungun  yang  merupakan  pengadilan  tingkat  pertama dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Tinggi Medan dan berpuncak pada Mahkamah Agung Republik Indonesia, berkedudukan di Kabupaten Simalungun tepatnya di Jalan Asahan Km. 4 Kelurahan Dolok Marlawan Kabupaten Simalungun Kode Pos 21151, Telp/ Fax (0622) 7550426, Website : E-Mail : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Kabupaten Simalungun di sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Batubara, di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Asahan dan Toba Samosir, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Toba Samosir dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Karo dan Kabupaten Deli Serdang.Pengadilan Negeri Simalungun menjadi Kelas I B diresmikan pada 30 Juni 2009, yang diresmikan oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung RI Bidang Non Yudisial Bapak Drs.H.Ahmad Kamil, SH.M.Hum pada saat kepemimpinan Bapak Binsar Gultom, SH.SE.MH